Agenda Tahunan Upgrading Trainer dan Co. Trainer P2KK UMM Periode 2018/2019

Jum'at, 02 November 2018 22:23 WIB

Dari kanan Bapak Dr. Khozin, M.Si dan Bapak H. Miseri, S.H dalam acara pembukaan Upgrading Trainer dan Co.Trainer

Agenda Upgrading Trainer dan Co.Trainer dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 4 November 2018 selama 2 hari 2 malam yang bertempat di UPT.P2KK Rusunawa 1. Dimulai pada hari jum'at malam sampai hari minggu siang. Agenda ini dibuka secara langsung oleh Bapak Dr. Khozin, M.Si selaku Kepala UPT.P2KK. Agenda ini berisi shalat tahajut berjamaah dan tadabbur ayat. Kemudian stadium general yang akan disampaikan oleh pemateri-pemateri yang ahli dalam bidangnya seperti; Teknik-teknik Fasilitasi, Managemen P2KK, Public Speaking dan Effective Communication. Dan terakhir ditutup dengan agenda Outbond.

"Upgrading ini setiap tahun diadakan untuk mengevaluasi Trainer dan Co.Trainer selama menjalankan tugasnya," tegas Khozin. Evaluasi yang dimaksud yakni evaluasi secara menyeluruh karena berkenaan dengan pembentukan karakter mahasiswa baru sehingga mahasiswa baru lebih siap dalam menghadapi dunia Perguruan Tinggi.

"Co.Trainer bisa disebut sebagai Master of Trainer, karena yang menjadi Nahkoda selama berada di kelas adalah Co.Trainer", pungkas Khozin. Master of Trainer itu dari awal sampai akhir selalu berada di dalam kelas untuk mendampingi peserta. Master of Trainer itu juga yang mengendalikan kondisi dari para peserta. Hasil akhir peserta itu juga terlihat dari bagaimana cara Master of Trainer memperlakukan mereka.

'Perlu kita pahami bahwasanya P2KK itu pelatihan", tegas Khozin. P2KK sangat berbeda dengan perkuliahan. Terlihat dari bagaimana tatanan kursi yang berada di kelas. Jikalau kursi kelas di tempat kuliah di tata rapi seperti shaf dari depan ke belakang, maka kursi kelas di P2KK ditata dengan letter U. Perlu diingat bahwa P2KK dalam menyampaikan materi selalu diimbangi dengan simulasi. Apalagi dalam pelatihan dibutuhkan ruang untuk simulasi sehingga letter U sangat efektif dibanding dengan yang seperti shaf.

"Ada penambahan kelas berjumlah 6 kelas yang akan digunakan untuk kegiatan P2KK", pungkas Khozin. Upaya penambahan kelas ini dengan tujuan agar kegiatan P2KK cepat selesai. Semula tiap angkatan kuota peserta berjumlah 300 orang, namun sekarang bisa sampai 45 orang. Tentunya ini berdampak di kuota kamar yang sebelumnya 6 sampai 7 orang, sekarang bisa terisi sampai 10 orang.

"Ikuti kegiatan ini sampai lusa, bila masih ada teman-teman Co.Trainer yang bergabung, maka ajak mereka untuk bergabung", pungkas Khozin pada akhir sambutannya. (Trainer P2KK)

Shared: