P2KK
Universitas Muhammadiyah Malang
P2KK
Universitas Muhammadiyah Malang

Co.Trainer P2KK Harus Kuasai Public Spaking

Author : Administrator | Minggu, 23 Maret 2014 14:40 WIB

Instruksi: Salah satu calon Co.Trainer P2KK UMM, Sedang menjelaskan materi publik speaking
lewat simulaisi ice breaking  di dalam kelas.























 

 Kemampuan pablic speaking harus dikuasai Co. Trainer Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK). Minggu 23 Maret 2014 sebanyak 128 orang calon Co.Trainer P2KK sedang mengikuti tes kemampuan public speaking, bertempat di Rusunawa I Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kemampuan yang akan di uji pada calon Co.Trainer kali ini ialah kemampuan publik speaking, berupa cara  berkomunikasi dan berintraksi  kepada peserta serta kreatifitas Co.Trainer dalam memenej kelas dan memberikan ice breaking yang berhubungan dengan materi yang akan di sampaikan Trainer.

Dr. Endang Poerwanti M.Pd sealaku dosen penguji tes Co. Trainer P2KK mengatakan kemampuan yang akan di uji kepada calon Co.trainer P2KK berupa kemampuan public speaking yaitu sejauh mana cara Co.Trainer tersebut mampu  dalam memenej kelas, dan memberikan stimulasi kepada peserta terkait materi yang akan disampaikan Trainer.” Lewat tes ini, diharapkan para Co.Trainer yang akan lolos nanti mampu memenej kelas dan bisa menstimulus potensi peserta untuk diarahkan dalam pembentukan karakter kepribadian mahasiswa baru,” ujar dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM itu.

Lebih lanjut  Endang menyampaikan, program P2KK sangat dibutuhkan peran sinergis antara, Trainer, Panitia, serta para Co.Trainer dalam mensukseskan program tersebut. Salah satunya yang sangat diperlukan adalah peran semua pihak dalam  menumbuhkan sikap care yaitu peduli untuk menumbuhkan kepribadian yang baik, peduli untuk saling menghargai sesama, terkhusus untuk para Co.trainer harus peduli kepada peserta dalam mendampingi selama pelatihan berlansung.

 Selain itu, Co. Trainer diharapkan mampu menjadi pendamping bagi peserta pada saat pelatihan P2KK selama satu mingggu di rusunawa. Co.Trainer juga diharapkan dapat terus membimbing peserta yang didampinginya agar materi dan pembelajaran yang telah di terima dari P2KK masih tetap ada dalam diri peserta tersebut,”Harapan saya  bagi seluruh Co. Trainer dan peserta nantinya sama-sama sinergi dalam  bentuk sikap kepribadian dan kepemimpinan dalam dirinya masing-masing agar kelak ia siap menjadi pemimpin,” ujar Endang  salah dosen penguji  public speaking Co.Trainer P2KK UMM itu.

 Nurfajrina Haris salah satu calon Co.Triner P2KK mengatakan, tes public speaking  itu, kita dituntut untuk mampu berbicara dan menyampain materi yang telah di ditentukan oleh pihak P2KK. Materinyapun berbeda-beda serta materi yang akan diprentasikan calon  Co.Trainer. Masing-masing Co.Trainer mendapat tema yang berbeda diantara materi yang akan di disampaikan ialah  self awereness, goal stting, stress management, time management, self control, management conflict, decision making dan negotiation skill. “Itu semua, sangat diperlukan manajemen waktu dan metode penyampain yang berupa ice breaking yang didalamnya harus berkaitan dengan materi yang disampaikan,” imbuh mahasiswi jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam UMM itu.(Hadidi/Sekret P2KK UMM)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image