P2KK
Universitas Muhammadiyah Malang
P2KK
Universitas Muhammadiyah Malang

Lewat TOT, P2KK UMM Siapkan Trainer dan Co.Trainer Berkualitas

Author : Administrator | Senin, 28 April 2014 23:06 WIB


Pemateri:
Drs. Joko Widodo M.S,i menyampaikan materi selayang pandang P2KK dihadapan
Trainer dan Co.Trainer P2KK di Hall Apartemen Rusunawa I UMM. (Sabtu, 22 April 2014).




Unit Pelaksana Teknis (UPT) Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Training Of Trainer (TOT) bagi seluruh Trainer dan Co.Trainer P2KK. Bertempat di Aula Biro Administrasi Keuangan (BAU) UMM (Jum’at 21-Minggu 23 April 2014),  sebanyak 150 peserta dibekali materi dan simulasi diantaranya materi ibadah, keislaman, pembelajaran kooperatif, selayang pandang P2KK, pemaparan visi dan misi P2KK, penguatan komitmen, serta ditutup dengan simulasi materiberupa Out Bound. Acara yang berlansung selama tiga hari tersebut digelar pada tiga tempat yaitu di BAU UMM, di Hall Gedung Apartemen Rusunawa I UMM dan di Pusdiklat Hidayatullah
Kota Wisata Batu.

Drs. Joko Widodo, M.Si salah satu pemateri TOT P2KK menuturkan, UPT.P2KK UMM sejak didirikan  pada tahun 2004 lalu bertujuan untuk membentuk character Building mahasiswa,  sejak beridirinya sampai sekarang UPT.P2KK sudah melalui banyak tantangan, mulai dari tempatnya dulu masih di kampus II UMM yang sarana dan perasaranya masih sangat terbatas. Namun seiring dengan berjalanya waktu kendala tersebut dapat dilalui dengan baik, sehingga UPT.P2KK sekarang semakin baik. “Harapanya kedepan UPT.P2KK UMM mampu membentuk character building mahasiswa yang akan menjadi pemimpin bangsa, karena itu, Trainer dan Co.Trainer yang akan mentraining peserta harus disiapkan kualitasnya.” ujar mantan Pemabantu Rektor III UMM itu.

Lebih lanjut, Joko Widodo menyampaikan, kegiatan P2KK harus terus ditingkatkan kualitasnya, baik kualitas materi maupun kualitas Trainer dan Co.Trainer mengingat hanya satu minggu para mahasiswa baru mengikuti P2KK tentu merupakan waktu yang sedikit. Karena  untuk membentuk kepribadian dan kepemimpinan seseorang  tidak semuda itu, namun paling tidak lewat pelatihan P2KK ini, menjadi langka awal untuk dapat memetahkan potensi mahasiswa yang nantinya akan ditindak lanjuti kemahasiswaan dalam untuk pembinaan lebih lanjut.

   Drs. Athok Miftachu Hudha, M.Pd menyampaikan, TOT P2KK tahun ini dilaksanakan dengan konsep materi dan simulasi yang seimbang, mengingat Trainer dan Co.Trainer yag menjadi peserta sudah diseleksi lewat recruitmen yang ketat yang sudah kita adakan pada beberapa bulan yang lalu, untuk itu, TOT ini bertujuan untuk  pemantapan materi dan pemahaman konsep serta simulasi materi yang akan diberikan kepada peserta nantinya,” harapannya acara TOT tahun ini dapat mencetak Trainer dan Co.Trainer yang berkualitas,” ujar Kondidat Doktor Biologi Universitas Negeri  Malang itu.

Dalam sambutannya Pembantu Rektor III (PR III) UMM, Dr. Diah Karmiyati, S.Psi mengatakan, program pembentukan kepribadian dan kepemimpinan UMM harus terus ditingkatkan guna meningkatkan kapasitas dan kualitas kepribadian dan jiwa kepemimpinan mahasiswa yang berlandaskan nilai-nilai islam. UMM dalam hal ini UPT. P2KK terus komitmen kedepan pelatihan P2KK diharapkan tidak hanya diberikan selama satu pekan yang di asramakan di Apartemen Rusunawa I UMM itu, namun pembinaan alumni P2KK akan dilanjutkan pihak kemahasiswaan lewat unit-unit lembaga kemahasiswaan  yang ada di bawah naungan Biro Kemahasiswaan UMM.  Selain itu, “Sinergitas antara P2KK, kemahasiswaan, serta Al Islam dan Kemuhammadiyah (AIK), tentunya tidak bisa dipisahkan dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas alumni P2KK UMM,” ujarnya.

 Lebih lanjut, Diah mengungkapkan, untuk mengejawantahkan visi  dan misi UPT. P2KK UMM usaha-usaha yang harus terus dilakukan, salah satunya meningkatkan kualitas Trainer dan Co.trainer maka sangat tepat jika TOT Trainer dan Co.Trainer hari ini  dapat dimaksimalkan untuk memantapkan kualitas Trainer dan Co. Trainer sebagai ujung tombak pembentukan kepribadian dan kepimimpinan mahasiswa. Peran Trainer dan Co.Trainer sangat penting sebagai publik figur bagi seluruh peserta pelatihan P2KK nantinya. (Hadidi/Sekret P2KK)

 


 

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image