P2KK
Universitas Muhammadiyah Malang
P2KK
Universitas Muhammadiyah Malang

Menumbuhkan Sikap Kerja Tim melalui Cooking Festival Outbond

Author : Administrator | Kamis, 18 April 2013 11:12 WIB
Peserta yang melakukan cooking festival outbond

            Cooking Festival Outbond merupakan kegiatan terakhir dari serangkaian acara Training of Leadership for the Best Participants P2KK di Stadion UMM (14/4). Kegiatan yang digelar selama tiga hari itu diadakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK). Diikuti sekitar 154 peserta terbaik P2KK angkatan 2010-2012.

Kepala UPT P2KK Drs. Atok Miftachul Hudha, M. Pd menuturkan, tujuan diadakannya outbond itu adalah pertama, memberi pengetahuan dan melatih kerja tim dalam setiap kegiatan. Kedua, menguatkan sikap selalu menghargai pekerjaan orang lain. Ketiga, menanamkan sikap peduli lingkungan dan berwawasan asih, asah, dan asuh. Terakhir, menguatkan hubungan silaturahmi dengan orang lain untuk menghasilkan tujuan yang sama. 

            Sebagaimana kehidupan lebah yang selalu bekerja dengan saling menjaga silaturrahmi antara satu dengan lainnya. karena, pada lebah antara satu dengan yang lain itu saling membantu untuk menyelesaikan tugasnya. “Andaikan antara yang satu dengan yang lain tidak ada kerja sama, maka pekerjaan itu tidak akan pernah terselesaikan. Sikap itulah yang harus terus untuk ditumbuhkan,” ungkap penulis buku Menjadi Pribadi Inovatif, Kreatif, dan Mandiri yang Berspritualitas itu.

            Kegiatan outbond kali ini diberi tema Cooking Festival, seluruh peserta dibagi menjadi sebelas kelompok dan setiap kelompok hanya diberikan modal utama dua ikat sayur kangkung, tempe, garam, beras dan juga modal berbentuk uang lima ribu rupiah. Bagaimanapun caranya setiap kelompok harus bisa menyajikan masakan yang seenak mungkin dan hiasan seindah mungkin dengan sesederhana mungkin.

Malik, salah seorang peserta mengungkapkan, ada aura positif ketika mengikuti serangkaian acara yang digelar UPT P2KK itu. Salah satunya, banyak bertemu dengan orang-orang yang mempunyai potensi. Dari semua ini, nantinya diharapakan mampu membawa UMM maju secara akademik dan non akademik. “Banyak ilmu yang saya dapat dari outbond ini, bertemu dengan orang yang pintar masak dan orang yang pintar memimpin,” ungkap mahasiswa Jurusan Kedokteran itu.

Hal senada diungkapkan Enis. Menurut mahasiswa S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UMM itu,  kegiatan itu materinya menyenangkan. tetapi nantinya diharapkan pematerinya lebih interaktif. Selain itu, seharusnya ada implementasi ke luar, karena di luar sana masih banyak orang yang membutuhkan, dan waktunya kalau bisa diperpanjang, karena untuk tiga hari belum dirasa cukup  (yah/jam)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image