P2KK
Universitas Muhammadiyah Malang
P2KK
Universitas Muhammadiyah Malang

Pentingnya Menghargai Diri Sendiri dan Melakukan Perencanaan

Author : Administrator | Senin, 15 April 2013 15:17 WIB
Drs. Yudi Suharsono, S. Psi, M. Si

Acara Training of Leadership for the Best Participants yang digelar UPT P2KK memasuki hari kedua. Materi lanjutan mengenai kepemimpinan dan kepribadian diberikan kepada peserta yang merupakan peserta terbaik P2KK angkatan 2010-2012. Acara itu bertempat di Ruang Teater Dome (13/4).

Drs. Yudi Suharsono, S. Psi, M. Si dalam materinya menuturkan, setiap orang pada dasarnya memiliki kelebihan. Permasalahan yang sering muncul adalah orang kurang mensyukuri kelebihan yang dimilikinya. Banyak orang  yang tidak berani tampil di depan umum karena merasa dirinya serba kekurangan jika dibandingkan dengan orang yang lain. Selain itu, banyak juga yang menganggap bahwa orang lain itu lebih mengatahui mengenai dirinya daripada dirinya sendiri. “Pada dasarnya yang mengetahui diri seseorang adalah orang itu sendiri, bukan orang lain,” ujarnya.

Pembantu Dekan I Fakultas Psikologi UMM itu menambahkan, banyak orang mengatakan tidak mempunyai modal pada dirinya. Padahal setiap orang memiliki modal dengan apa yang dimilikinya melalui kekurangan atau kelebihan yang membuatnya berbeda dengan orang lain. Menurutnya, orang banyak dibutakan oleh dirinya sendiri, sehingga tidak menyadari sebenarnya semua yang dimilikinya merupakan sebuah kesempurnaan. Dengan potensi yang ada pada diri, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Untuk itu, diperlukan eksplorasi pada diri untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Lebih lanjut, pihaknya mengungkapkan, setiap orang pasti ingin dihargai oleh orang lain. Padahal, sebenarnya terkadang orang tidak menghargai dirinya sendiri. Hal yang perlu disadari bahwa setiap orang itu sangat berharga. “Kalau orang itu sendiri tidak menghargai dirinya, jangan harap orang lain akan menghargai. Jadilah orang yang berharga, jangan sampai orang lain tidak menghargai diri kita, “ pesannya.

Di lain sisi, Pembantu Rektor III UMM Dr. Diah Karmiyati, Psi dalam materinya menuturkan, ada empat tahap dasar perencanaan yaitu, menetapkan serangkaian tujuan, merumuskan keadaan, mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan, serta mengembangkan rencana untuk mencapai tujuan.

Lanjutnya, perencanaan pada dasarnya terdiri dari beberapa tahap. Di antaranya  perencanaan jangka pendek, mencakup berbagai rencana dari satu hari sampai satu tahun. Rencana jangka menengah, mempunyai rentang waktu antara beberapa bulan sampai tiga tahun. Rencana jangka panjang, meliputi kegiatan yang diproyeksi akan diraih pada masa akan datang. (yah/jam)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image