Pesan Wakil Rektor III pada Pembukaan P2KK Intermediate Leadership Training

Minggu, 16 September 2018 20:48 WIB

Dr. Sidik Sunaryo, S.H, M.Si

UPT.P2KK mengadakan kegiatan Intermediate Leadership Training bagi peserta terbaik dari mahasiswa baru periode 2017/2018. Program ini merupakan program lanjutan bagi peserta terbaik kelas di setiap angkatan ketika mengikuti kegiatan wajib kampus yaitu P2KK. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari 2 malam, dimulai dari tanggal 14 - 16 September 2018 di rusunawa UPT.P2KK. Mulai dairi penginapan, konsumsi dan fasilitas sudah disediakan.

Dari segi pemanfaatan waktu, rutinitas kegiatan intermediate tidak jauh berbeda dengan P2KK yang dilaksanakan setiap minggunya. Namun dari segi materi di setiap sesi, merupakan materi lanjutan yang berkaitan dengan Kepribadian dan Kepemimpinan. Beberapa materi Stadium General di antaranya ada materi Kepemimpinan Profetik di Era Disruption dan Filsafat Ilmu. Tentunya, setelah mendapatkan meteri tersebut ada sesi Forum Group Discussion (FGD) di kelas untuk penguatan tiap materi lebih lanjut. Pada akhirnya setelah peserta di dengan bekal-bekal yang  baru agenda ini ditutup dengan Outbond yang menyenangkan.

Sambutan kepada para peserta disampaikan oleh Bapak Dr. Khozin, M.Si selaku Kepala UPT. P2KK, sedangkan yang membuka acara ini adalah Bapak Dr. Sidik Sunaryo, S.H, M.Si selaku Wakil Rektor III UMM.

"Mahasiswa yang hadir dan mengikuti acara ini adalah mahasiswa yang berkompeten", ujar Khozin. Beliau menyayangkan peserta terbaik yang tidak ikut acara ini, karena dari 250 peserta terbaik hanya dihadiri oleh 48 mahasiswa saja. Padahal peserta tinggal datang, duduk, dapat ilmu dan mengikuti acara sampai selesai tanpa ada pungutan biaya.

"Untuk mengantisipasi agar peserta terbaik dapat mengikuti acara Intermediate pada periode selanjutnya, maka sertifikatnya nanti akan kami tahan untuk sementara", tegasnya. Beliau juga menjelaskan bahwa sertifikat yang ditahan akan dibagikan ketika mengikuti Intermediate nantinya.

"Program Intermediate merupakan program yang dapat meningkatkan kapasitas, intelektual, level of thinking dan kecakapan leadership", ujar Sidik mendefinisikan tentang intermediate.

"Program ini tidak boleh hanya berhenti sampai disini, harus ada kelanjutannya", ucapnya. Beliau mengharapkan bahwa setelah program ini akan ada program lanjutan seperti penerapan di luar dunia kampus.  Misalnya penempatan magang di DPR D atau magang di perusahaan tertentu.

"Seorang pemimpin itu tidak dapat ditemukan, namun seorang pemimpin itu diciptakan, diasah dan dibangun", pungkasnya memberikan gambaran seorang pemimpin. (Trainer P2KK)

Shared: