P2KK
Universitas Muhammadiyah Malang
P2KK
Universitas Muhammadiyah Malang

UPT P2KK Gelar Training Leadership Mahasiswa

Author : Administrator | Jum'at, 12 April 2013 12:59 WIB
Drs. Fauzan, M. Pd (Pembantu Rektor II UMM)

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) menggelar Training of Leadership for the Best Participants P2KK. Dengan tema “Penguatan Jati Diri Mahasiswa Melalui Kepribadian dan Kepemimpinan,” acara tersebut digelar di Ruang Teater Dome (12-14/4). Acara diikuti sekitar 154 peserta terbaik P2KK angkatan 2010-2012.

Pembantu Rektor II UMM Drs. Fauzan, M. Pd dalam stadium general-nya menuturkan, lahirnya P2KK pada tahun 2004 didasari oleh upaya untuk menciptakan ciri khas sebagai penanda bagi mahasiswa UMM. Hadirnya P2KK yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UMM diharapkan dapat membangun mindset mahasiswa guna meningkatkan kualitas dirinya untuk menjadi lebih baik. “Kalau sebelumnya mahasiswa telah memiliki mindset yang bagus untuk mengikuti P2KK, maka mereka akan mendapatkan hasil kepemimpinan dan kepribadian seperti yang diharapkan universitas,” ungkap mantan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dua periode itu.

Labih lanjut, menurutnya, mencetak mahasiswa yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan kepribadian merupakan cita-cita yang emban oleh UMM. Sehingga, diharapkan mampu mencetak mahasiswa yang memiliki masa depan cerah di masa depan.

Sementara itu, Pembantu Rektor III UMM Dr. Diah Karmiyati, Psi dalam sambutannya menyampaikan, sebagai mahasiswa UMM harus merasa bangga karena UMM merupakan salah satu dari delapan perguruan tinggi yang berhasil mendapat akreditasi A institusi. Hal itu, lanjutnya, semakin membuktikan kualitas UMM sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia.

Kepala UPT P2KK Drs. Atok Miftachul Hudha, M. Pd menuturkan, tujuan diadakannya acara itu adalah pertama, untuk pembentukan kepribadian dan kepemimpinan berkelanjutan. Menurutnya, sejauh ini yang dilakukan di P2KK masih dasar, sehingga kegiatan itu merupakan tahap menengah, dan yang nantinya akan dilanjutkan pada tahap atas.  Kedua, agar tujuan kepribadian dan kepemimpinan berhasil,  keberhasilan ini bukan dari segi kuantitas tapi berdasarkan kualitas.

Ketiga, mencari need assessment di mana peserta nantinya akan dijadikan mentor tiap fakultas atau jurusan. Dengan adanya mentor itu maka akan ada pembimbingan berkelanjutan dari tiap fakultas atau jurusan. Tambahnya, ke depan UPT P2KK akan membentuk divisi khusus untuk membimbing para mentor itu. “Nantinya akan diambil tiga atau empat orang yang akan menjadi mentor tiap jurusan,” ujar mantan Kepala Biro Kemahasiswaan itu. (yahya)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image