P2KK
Universitas Muhammadiyah Malang
P2KK
Universitas Muhammadiyah Malang

Artikel

Keteladanan Adalah  Kunci Pendidikan Karakter

Sebagaimana yang kita ketahui, Islam sangat menganjurkan kita untuk selalu berperilaku baik kapanpun dan dimanapun kita berada. Karena lewat perbutan  yang baik seseorang dapat diteladani atau dengan kata lain dapat menjadi figur bagi orang lain. Kita sadari atau tidak negeri ini meskipun  mayoritas penduduknya muslim, namun ironinya seakan kita kekurangan figur ketelanadan.

Kenapa demikian, karena  banyak pejabat yang duduk di kursi legislatif, eksekutif, maupun yudikatif yang seharusnya menjadi figur bagi masyarakat, namun merekalah penyumbang terbanyak  melakukan perbuatan yang melanggar hukum yang dampak negatifnya tidak hanya dirasakan  bagi diri mereka sendiri, namun dampaknya buruknya  juga dapat dirasakan masyarakat banyak.

Padahal jika kita berbicara pendidikan karakater  di dalam Islam sejak awal sudah ada dan sering  disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Lewat ayat al-Qur’an dan hadits Nabi  yang membahas tentang pendidikan karakter yang salah satunya hadits Rasulullah SAW yang Artinya  “Barang siapa yang memberikan contoh yang baik dalam Islam maka baginya pahala atas perbuatan baiknya dan pahala orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat. Yang demikian itu tidak menghalangi pahala orang-orang yang mengikutinya sedikitpun. Dan barang siapa yang memberikan contoh yang buruk di dalam Islam maka baginya dosa atas perbuatannya dan dosa orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat. Yang demikian itu tanpa mengurangi sedikitpun dosa orang-orang yang mengikutinya” (HR Muslim)

Spirit dari redaksi hadis diatas adalah bagaimana kita sebagai orang muslim untuk selalu dapat melakukan perbuatan baik dan memberikan keteladanan kepada orang lain. Sehingga, perbuatan tersebut dapat  bermanfaat bagi diri kita dan juga bermanfaat bagi orang lain.  Berbicara metode pendidikan karakater  bagi pemuda memang banyak tips dan cara untuk mendidik dan memberikan pendidikan karakater kepada generasi muda salah satunya mahasiswa baik dengan metode A atau ada yang menyarankan dengan metode B. Namun, dari setiap metode-metode yang selama ini, hemat saya keteladanan adalah metode yang jitu dalam pendidikan karakater.

Karena dengan keteladanan, orang tua dapat menjadi contoh kepada anak-anaknya, seorang dosen dapat menjadi figur bagi mahasiswanya, begitu pula seoarang pejabat atau pemimpin negara dapat menjadi teladan bagi masyarakatnya. Sehingga keteladanan ini dapat menjadi kunci dalam membentuk pendidikan karakter bangsa. Tentu semua kita sadar bahwa tanpa keteladanan, apa yang kita sampaikan dan ajarkan kepada anak-anak kita, saudara kita, teman kita, maupun masyarakat dilingkungan kita. Hal itu akan hanya menjadi teori belaka, tanpa ada contoh yang akan menuntunnya untuk merealisasikan dalam kehidupannya.

Karena itu, untuk menumbuhkan karakter keteladanan pada diri,  mari kita   terus menumbuhkan sikap uswatun hasanah atau mencontohkan perilaku yang baik  pada setiap tingkahlaku kita, lewat keteldan inilah yang akan membentuk kepribadian yang baik pada diri kita maupun yang dapat menjadi teladan bagi orang lain di sekitar kita.(Penulis Adalah Muhammad Hadidi Mahasiswa Islamic Law Faculty Islamic  Studies University Muhammadiyah Of Malang)

 

 

 

Shared: